Rabu, 30 Januari 2008

UJIAN DAN NYONTEK



Ujian baik tengah semester atau akhir semester adalah bagian dari proses belajar terstruktur dalam pendidikan di kampus. Dalam kesempatan tersebut kepada mahasiswa diberikan soal untuk dijawab sesuai dengan kemampuan masing-masing. Diharapkan dari ujian ini akan terlihat siapa yang lebih tahu dan lebih mampu, siapa yang kurang dan siapa yang tidak tahu diantara peserta kuliah.
Ada diantara mahasiswa yang dengan sungguh-sungguh bekerja dan belajar keras serta secara jujur menjawab, namun ada pula yang sebaliknya. Bagi mereka yang kategori pertama, ujian adalah ujian bagi dirinya, sementara yang terakhir ujian hanyalah mencari nilai.
Nyontek kadang masih banyak yang melakukan. Padahal banyak yang memberikan sikap negatif kepada mereka yang nyontek. Misalnya “nyontek sama dengan korupsi hingga dengan tegas kami haramkan. Kalau ada siswa yang mencontek langsung dikeluarkan tanpa surat peringatan terlebih dulu. Mahasiswa harus belajar untuk mendapatkan nilai dengan cara halal bukan haram seperti nyontek,” tegas Presiden kita.
Ada pula yang menyatakan nyontek berarti membantu orang tua jadi boleh, yah macam-macam..
Pilihan memang ada pada masing-masing orang, mau jujur atau mau nyontek. Kesemuanya memberikan akibat masing-masing.
Kepada mahasiswaku, mudah-mudahan tidak tergoda nyontek. Di Kampus kita sudah jelas hukumnya, kalau ketahuan nyontek pasti tidak lulus.

Tidak ada komentar: